ENGINE APU GTCP 85-129
PENGERTIAN :
Auxiliary
Power Unit adalah bagian dari
mesin pesawat terbang yang terletak di bagian ekor pesawat yang di gunakan
sebagai pembangkit listrik pesawat terbang, sebagai sumber arus listrik bagi AC
dan peralatan elektronik lainnya pada pesawat menaikkan dan menurunkan
penumpang atau pada saat pesawat sebelum terbang serta fungsi lainnya adalah
sebagai start engine pesawat itu sendiri. Setelah mesin dari pesawat itu
menyala dan pesawat itu terbang, fungsi dari APU ini di matikan dan di gantikan
oleh mesin pesawat.
Struktur dari mesin
APU terdiri dari beberapa modul atau unit yaitu :
Bagian-Bagian dari APU .
Dimensi dari APU GTCP 85-129.
a.Gearbox assembly
b.Compressor
c.Combustion
d.Turbine
APU digunakan untuk persediaan daya
bantu listrik pada pesawat udara elektrik yang di letakkan atau di tempatkan di
pompa angin pesawat yang di gunakan untuk start engine.Pompa angin untuk sistem
pengaturan udara yang terpasang pada pesawat terbang boeing 737.
Kinerja Engine APU
GTCP 85-129 Pada Umumnya :
APU di kategorikan sebagai salah
satu jenis turbin gas yang digunakan sebagai tenaga pembantu pada pesawat
khususnya salah satu nya Boeing 737 300/400/500.Engine APU dengan tipe GTCP
85-129 ini ialah engine buatan Amerika (USA) dimana suatu engine yang
memanfaatkan udara luar untk dijadikan percampuran pembakaran yang diubah
tekanannya menjadi tekanan tinggi pada ruang bakar (Combustion) dengan bantuan
propeller-propeller turbin untuk menghisap udara dari luar ke dalam.
Engine APU ini memiliki 3 bagian
propeller turbin yang digerakan oleh gearbox yang terhubung dengan batang
penghubung antara propeller dengan gearbox. Gearbox ini digerakkan oleh
electric statersehingga dapat memutar propeller,propeller ini memiliki
sudu-sudu. Dari perputaran propeller udara luar bisa dihisap melalui inlet air
plenum,sehingga udara masuk kedalam,dari situ udara diteruskan oleh perputaran
propeller pertama menuju propeller kedua berbentuk satu muka untuk di
kompresikan tekanannya menjadi tekanan tinggi berbentuk satu muka.
Udara yang masuk dari inlet air
plenum juga dimanfaatkan untuk pendingin generator dan oil cooler yang di hisap
oleh cooling fan.
Baterai dapat menggerakan APU untuk
pengendalian unit dan penyiaran ulang start, APU control panel pengawasan di
darat.
Operasi umum Engine APU adalah suatu
turbin gas yang terdiri dari dua kompresor sentrifugal secara langsung
menggabungkan ke suatu single-stage turbin flow radial. Batang turbin
menghubungkan bagian pengarah aksesori dan menyediakan tenaga untuk
mengemudikan aksesoris Engine dan Generator. Pada saat udara masuk ke APU
menyediakan tekanan udara pintu masuk dan pendingin udara pada Engine APU.
Jaringan penerbangan APU terdiri
dari komponen mekanis dan berisi angin,yang berfungsi otomatis,untuk mengatur
jumlah maksimum dan tingkat yang dapat di gambar dari APU yang digunakan pada
sistem pesawat udara berisi angin. Kipas yang dikemudikan oleh bagian pengarah
aksesori mengedarkan udara dingin kepada pembangkit listrik arus
bolak-balik,minyak pelumas yang lebih dingin dan aksesoris Engine.
APU terdiri dari perakitan Engine
APU GTCP 85-129 yang dipasang di atas oesawat udara. APU dapat digunakan
dibawah atau didalam pesawat. System description Powerplant APU terdiri dari
perakitan Engine yang dipasang di atas pesawat udara. Seluruh Engine APU
ditutupi oleh bahan titanium Persediaan
udara untuk pintu masuk pada Engine dan pendingin yang lain. Bahan bakar
disediakan melalui suatu garis dari tanki bahan bakar yang pertama.
Persediaan udara dari APU diisi oleh
suatu sistem pengisian udara melalui katup kendali. Generator yang di kemudikan
oleh persediaan daya listrik APU kepada sistem elektrikal.
Engine APU terletak di akhir badan
pesawat terbang,udara masuk melalui pintu masuk udara pada sisi badan pesawat
dan aliran udara dipecah menjadi dua alur,satu untuk Engine dan yang kedua
untuk pendingin yang lain. Pembuangan udara dingin kapal melalui suatu lubang
pada tempat yang lebih rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar