Minggu, 16 April 2017

ENGINE APU GTCP 85-129

ENGINE APU GTCP 85-129

PENGERTIAN :

            Auxiliary Power Unit adalah bagian dari mesin pesawat terbang yang terletak di bagian ekor pesawat yang di gunakan sebagai pembangkit listrik pesawat terbang, sebagai sumber arus listrik bagi AC dan peralatan elektronik lainnya pada pesawat menaikkan dan menurunkan penumpang atau pada saat pesawat sebelum terbang serta fungsi lainnya adalah sebagai start engine pesawat itu sendiri. Setelah mesin dari pesawat itu menyala dan pesawat itu terbang, fungsi dari APU ini di matikan dan di gantikan oleh mesin pesawat.

Struktur dari mesin APU terdiri dari beberapa modul atau unit yaitu :


Bagian-Bagian dari APU .


Dimensi dari APU GTCP 85-129.

            a.Gearbox assembly
            b.Compressor
            c.Combustion
            d.Turbine

            APU digunakan untuk persediaan daya bantu listrik pada pesawat udara elektrik yang di letakkan atau di tempatkan di pompa angin pesawat yang di gunakan untuk start engine.Pompa angin untuk sistem pengaturan udara yang terpasang pada pesawat terbang boeing 737.
Kinerja Engine APU GTCP 85-129 Pada Umumnya :

            APU di kategorikan sebagai salah satu jenis turbin gas yang digunakan sebagai tenaga pembantu pada pesawat khususnya salah satu nya Boeing 737 300/400/500.Engine APU dengan tipe GTCP 85-129 ini ialah engine buatan Amerika (USA) dimana suatu engine yang memanfaatkan udara luar untk dijadikan percampuran pembakaran yang diubah tekanannya menjadi tekanan tinggi pada ruang bakar (Combustion) dengan bantuan propeller-propeller turbin untuk menghisap udara dari luar ke dalam.

            Engine APU ini memiliki 3 bagian propeller turbin yang digerakan oleh gearbox yang terhubung dengan batang penghubung antara propeller dengan gearbox. Gearbox ini digerakkan oleh electric statersehingga dapat memutar propeller,propeller ini memiliki sudu-sudu. Dari perputaran propeller udara luar bisa dihisap melalui inlet air plenum,sehingga udara masuk kedalam,dari situ udara diteruskan oleh perputaran propeller pertama menuju propeller kedua berbentuk satu muka untuk di kompresikan tekanannya menjadi tekanan tinggi berbentuk satu muka.

            Udara yang masuk dari inlet air plenum juga dimanfaatkan untuk pendingin generator dan oil cooler yang di hisap oleh cooling fan.

            Baterai dapat menggerakan APU untuk pengendalian unit dan penyiaran ulang start, APU control panel pengawasan di darat.

            Operasi umum Engine APU adalah suatu turbin gas yang terdiri dari dua kompresor sentrifugal secara langsung menggabungkan ke suatu single-stage turbin flow radial. Batang turbin menghubungkan bagian pengarah aksesori dan menyediakan tenaga untuk mengemudikan aksesoris Engine dan Generator. Pada saat udara masuk ke APU menyediakan tekanan udara pintu masuk dan pendingin udara pada Engine APU.

            Jaringan penerbangan APU terdiri dari komponen mekanis dan berisi angin,yang berfungsi otomatis,untuk mengatur jumlah maksimum dan tingkat yang dapat di gambar dari APU yang digunakan pada sistem pesawat udara berisi angin. Kipas yang dikemudikan oleh bagian pengarah aksesori mengedarkan udara dingin kepada pembangkit listrik arus bolak-balik,minyak pelumas yang lebih dingin dan aksesoris Engine.

            APU terdiri dari perakitan Engine APU GTCP 85-129 yang dipasang di atas oesawat udara. APU dapat digunakan dibawah atau didalam pesawat. System description Powerplant APU terdiri dari perakitan Engine yang dipasang di atas pesawat udara. Seluruh Engine APU ditutupi oleh  bahan titanium Persediaan udara untuk pintu masuk pada Engine dan pendingin yang lain. Bahan bakar disediakan melalui suatu garis dari tanki bahan bakar yang pertama.

            Persediaan udara dari APU diisi oleh suatu sistem pengisian udara melalui katup kendali. Generator yang di kemudikan oleh persediaan daya listrik APU kepada sistem elektrikal.

            Engine APU terletak di akhir badan pesawat terbang,udara masuk melalui pintu masuk udara pada sisi badan pesawat dan aliran udara dipecah menjadi dua alur,satu untuk Engine dan yang kedua untuk pendingin yang lain. Pembuangan udara dingin kapal melalui suatu lubang pada tempat yang lebih rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ENGINE APU GTCP 85-129

ENGINE APU GTCP 85-129 PENGERTIAN :             Auxiliary Power Unit adalah bagian dari mesin pesawat terbang yang terletak di bagi...